-->

Kita semua tau kalau resume/CV konyol, berlebihan, berisi tentang riwayat pekerjaan yang sama sekali tidak ada artinya. Mereka para pencari kerja biasanya mengisi dengan daftar list jabatan pekerjaan yang semuanya telihat sangat akurat dengan pencapaian yang mengagumkan. Dan tidak ada metode yang bisa membuktikan kalau yang mereka sebutkan itu benar. Semua yang tertulis di dalamnya adalah lelucon. Kekonyolan yang tidak lucu.


Yang lebih buruknya, resume itu terlalu mudah, siapapun bisa membuat resume yang keren. Itulah mengapa para maniak pencari kerja sangat mahir dalam mengolah kata, mereka bisa mengirim ratusan resume ke perusahaan yang berpotensi. Ini adalah kategori spam terbaru yang ada di internet. Mereka tidak peduli tentang reqruitment anda. Yang mereka pedulikan hanya bagaimana saya dapat bekerja entah dalam bidang apapun.


Jika anda merekrut seseorang yang telah mengirimkan resume lebih dari 200 perusahaan, dan salah satunya adalah perusahaan anda, itu berbahaya, itu spam. Karena mereka tidak mungkin melakukan research tentang perusahaan anda terlebih dahulu. Yang mereka pedulikan hanyalah “Mendapatkan Pekerjaan”.


Jika anda merekrut seseorang dengan cara seperti ini, anda sudah mengabaikan poin tentang apa itu merekrut. Anda butuh seorang kandidat yang peduli dan secara spesifik tentang perusahaan anda, produk anda, kostumer anda, dan pekerjaan anda.


Lalu bagaimana cara anda mendapatkan kandidat terbaik? Langkah pertama adalah periksa paragraf pertama resume, di bagian ini biasanya terdapat paragraf yang komunikatif yang ditulis secara langsung, bukan list pekerjaan sebelumnya yang tidak relevan atau keahliannya yang tidak berguna. Tidak ada cara untuk mereka membuat kata-kata dalam paragraf yang berbeda untuk 200 perusahaan, itulah mengapa keunikan dan keorisinilan paragraf pertama sebuah resume sangat penting dan krusial, ketika anda membacanya anda akan mendengar suara ditelinga anda, seperti berbisik dan memulai percakapan.
Percayalah dengan hati anda, jika pada paragraf pertama mereka menjijikkkan, langsung buang ke tempat sampah. Tidak ada harapan bagi sesuatu yang kotor bekerja di perusahaan anda, dan jika hati anda berkata kalau orang ini punya sesuatu yang cocok dengan perusahaan anda, saatnya naik ke tingkat lebih lanjut, interview.



Leave a Reply